%0 Journal Article %A 0713052047, Sulistiana Pela %D 2012 %F eprints:13666 %J Digital Library %T PENGGUNAAN KONSELING SEBAYA DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 9 BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/13666/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah penyesuaian sosial siswa di sekolah rendah. Adapun permasalahannya adalah apakah penyesuaian sosial siswa di sekolah dapat ditingkatkan menggunakan konseling sebaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penyesuaian sosial siswa menggunakan konseling sebaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah Pre-Experimental Designs, dengan bentuk desain One Group Pretest-Postest.Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas XII SMAN 9 Bandarlampung yang memiliki penyesuaian sosial rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penyesuaian sosial siswa di sekolah saat sebelum dan setelah mengikuti konseling sebaya. Perubahan ini ditunjukkan dari hasil pretest-postest angket penyesuaian sosial siswa di sekolah yang dianalisis menggunakan rumus Wilcoxon Signed Rank Test,pada taraf signifikansi α = 0,05 T hitung = T tabel, yaitu 0 = 0 maka Ha diterima. Ini berarti ada peningkatan penyesuaian sosial siswa di sekolah setelah mengikuti konseling sebaya. Kesimpulannya adalah penyesuaian sosial siswa di sekolah dapat ditingkatkan menggunakan konseling sebaya bagi siswa kelas XII SMAN 9 Bandar Lampung. Saran yang diajukan peneliti yaitu: (1) kepadaguru BK hendaknya dapat memberikan latihan konselor sebaya kepada siswa lainnya, dan (2) Kepada peneliti selanjutnya hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai penyesuaian sosialsiswa di sekolah dengan mempertimbangkan faktor lain seperti intelegensi, kepribadian, lingkungan sekolah, dan lain sebagainya.