@article{eprints13667, month = {Mei}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU TERHADAP PENGUASAAN MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA ( Eksperimen Pada siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA Negeri 14 Bandar Lampung TP 2010/2011) }, author = {Devi Lestari 0543024009}, year = {2011}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13667/}, abstract = {Abstrak Pembelajaran Materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia di SMA Negeri 14 Bandar Lampung masih berpusat pada guru. Guru belum menggunakan kombinasi antara animasi multimedia dengan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh yang signifikan dari penggunaan kombinasi animasi multimedia melalui pembelajaran kooperatif teknik Tari Bambu terhadap penguasaan materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia oleh siswa; 2) penguasan materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia oleh siswa pada penggunaan kombinasi animasi multimedia dengan pembelajaran kooperatif teknik Tari Bambu dibandingkan tanpa kombinasi animasi multimedia. Penelitian dilaksanakan pada September 2010. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI semester Ganjil TP 2010/2011 SMA N 14 Bandar Lampung. Sampel diambil dari populasi menggunakan cluster random sampling, terpilih siswa kelas XI IPA1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPA2 sebagai kelompok kontrol. Desain yang digunakan adalah desain pretes-postes kelompok non ekuivalen. Data penelitian berupa penguasaan materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia pada kedua kelompok yang diperoleh dari nilai pretes, postes dan skor N-gain pada setiap pertemuan. Data tersebut dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-gain siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan nilai postest siswa kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan kelas kontrol, hal ini berarti bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan animasi multimedia dengan model pembelajaran kooperatif teknik Tari Bambu terhadap penguasaan materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia; 2) penguasaan materi Sistem Gerak Pada Manusia oleh siswa pada penggunaan animasi multimedia dengan model pembelajaran kooperatif teknik Tari Bambu lebih tinggi dibanding tanpa animasi multimedia. Kata kunci : animasi multimedia, model pembelajaran kooperatif teknik Tari Bambu, penguasaan materi. } }