@article{eprints13668, title = {PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Blambangan Umpu Way Kanan Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) }, author = {BERTA APRIZA 0743021006}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13668/}, abstract = {ABSTRAK Pembelajaran tipe STAD merupakan suatu pembelajaran yang mem?be?rikan ke?sem?-patan yang lebih luas kepada siswa un?tuk berbagi in??for?masi melalui diskusi ke?lom?-pok, dan presen?tasi. Pada saat diskusi kelompok berlangsung, siswa me?lakukan pengamatan, membuat dugaan, dan menjelaskan apa yang telah di?dapat. Dalam hal ini disebut dengan pendekatan discovery. Pe?ne?litian ini meru?pa??kan kuasi eksperimen. Populasi dalam pene?litian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Blambangan Umpu yang bukan merupakan ke?las unggulan. Pe??ngambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling terhadap kelas, dan diperoleh kelas VIII 2 dan VIII 4. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa rata-rata aktivitas dan hasil bel?ajar siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran tipe STAD dengan pen?dekatan discovery kurang dari atau sama dengan aktivitas dan hasil belajar siswa pa?da kelas yang menggunakan pembelajarn konvensional, dengan taraf signifikansi 5\%. Artinya, pem?be?lajaran tipe STAD dengan pen?dekatan discovery tidak ber?pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Akan tetapi, aktivitas pada pembelajaran dan hasil belajar kelas yang menggunakan pembelajaran tipe STAD dengan pende?katan discovery lebah baik dari pa?da kelas yang menggunakan pembelajarn konvensional. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Discovery, Hasil Belajar, STAD. } }