title: PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Blambangan Umpu Way Kanan Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) creator: 0743021006, BERTA APRIZA subject: description: ABSTRAK Pembelajaran tipe STAD merupakan suatu pembelajaran yang mem¬be¬rikan ke¬sem¬-patan yang lebih luas kepada siswa un¬tuk berbagi in¬¬for¬masi melalui diskusi ke¬lom¬-pok, dan presen¬tasi. Pada saat diskusi kelompok berlangsung, siswa me¬lakukan pengamatan, membuat dugaan, dan menjelaskan apa yang telah di¬dapat. Dalam hal ini disebut dengan pendekatan discovery. Pe¬ne¬litian ini meru¬pa¬¬kan kuasi eksperimen. Populasi dalam pene¬litian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Blambangan Umpu yang bukan merupakan ke¬las unggulan. Pe¬¬ngambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling terhadap kelas, dan diperoleh kelas VIII 2 dan VIII 4. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa rata-rata aktivitas dan hasil bel¬ajar siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran tipe STAD dengan pen¬dekatan discovery kurang dari atau sama dengan aktivitas dan hasil belajar siswa pa¬da kelas yang menggunakan pembelajarn konvensional, dengan taraf signifikansi 5%. Artinya, pem¬be¬lajaran tipe STAD dengan pen¬dekatan discovery tidak ber¬pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Akan tetapi, aktivitas pada pembelajaran dan hasil belajar kelas yang menggunakan pembelajaran tipe STAD dengan pende¬katan discovery lebah baik dari pa¬da kelas yang menggunakan pembelajarn konvensional. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Discovery, Hasil Belajar, STAD. date: 2012 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/1/1.%20Cover.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/2/2.%20Abstrak%20fix.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/3/3.%20Halaman%20Depan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/4/4.%20Riwayat%20Hidup.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/5/5.%20Motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/6/Daftar%20gAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/7/Daftar%20Isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/8/DAFTAR%20PUSTAKA%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/9/Daftar%20Tabel.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/10/Persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/11/Sanwacana.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/12/bab%20I%20Q%20Print.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/13/Bab%20II%20Q%20print.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/14/bab%20III%20Q%20Print%20fix.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/15/Bab%20IV%20Q%20Print.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13668/16/BAB%20V%20Q%20Print.pdf identifier: 0743021006, BERTA APRIZA (2012) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Blambangan Umpu Way Kanan Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/13668/