%0 Journal Article %A 0743021006, BERTA APRIZA %D 2012 %F eprints:13668 %J Digital Library %T PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Blambangan Umpu Way Kanan Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/13668/ %X ABSTRAK Pembelajaran tipe STAD merupakan suatu pembelajaran yang mem¬be¬rikan ke¬sem¬-patan yang lebih luas kepada siswa un¬tuk berbagi in¬¬for¬masi melalui diskusi ke¬lom¬-pok, dan presen¬tasi. Pada saat diskusi kelompok berlangsung, siswa me¬lakukan pengamatan, membuat dugaan, dan menjelaskan apa yang telah di¬dapat. Dalam hal ini disebut dengan pendekatan discovery. Pe¬ne¬litian ini meru¬pa¬¬kan kuasi eksperimen. Populasi dalam pene¬litian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Blambangan Umpu yang bukan merupakan ke¬las unggulan. Pe¬¬ngambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling terhadap kelas, dan diperoleh kelas VIII 2 dan VIII 4. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa rata-rata aktivitas dan hasil bel¬ajar siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran tipe STAD dengan pen¬dekatan discovery kurang dari atau sama dengan aktivitas dan hasil belajar siswa pa¬da kelas yang menggunakan pembelajarn konvensional, dengan taraf signifikansi 5%. Artinya, pem¬be¬lajaran tipe STAD dengan pen¬dekatan discovery tidak ber¬pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Akan tetapi, aktivitas pada pembelajaran dan hasil belajar kelas yang menggunakan pembelajaran tipe STAD dengan pende¬katan discovery lebah baik dari pa¬da kelas yang menggunakan pembelajarn konvensional. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Discovery, Hasil Belajar, STAD.