@article{eprints13669, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Studi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seputih Agung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) }, author = {Devi Afriana 0743021009}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13669/}, abstract = {ABSTRAK Pembelajaran merupakan hal yang paling utama dalam proses pendidikan di sekolah. Salah satu upaya guru untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, diantaranya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS. TPS merupakan suatu tipe pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa untuk menemukan konsep-konsep yang dipelajari secara individu dan kelompok. Aktivitas yang dilakukan siswa dalam pembelajaran TPS dapat mengembangkan pemahaman konsep matematika siswa secara optimal. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Seputih Agung yang terdistribusi pada 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling dan diperoleh kelas VII D sebanyak 34 siswa. Data penelitian berupa data aktivitas belajar dan data pemahaman konsep matematika siswa yang diperoleh melalui observasi dan tes dengan menggunakan lembar observasi aktivitas dan instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 79,41\% sis?wa aktif dan 76,47\% siswa tun??tas bela?jar. Dari hasil uji pro?porsi, di?peroleh per?sen?tase siswa ak??tif dan tuntas belajar lebih dari atau sama dengan 60\%. Artinya, mo?del pem?be?lajaran kooperatif tipe TPS efektif diterapkan dalam pem?bela?jaran ma?te?ma?tika di?tinjau dari aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci: Efektivitas, TPS, Aktivitas Belajar, Pemahaman Konsep Matematika. } }