@article{eprints13670, title = {PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) }, author = {Dina Astriana 0743021011}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13670/}, abstract = {ABSTRAK Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Natar, dengan sampel siswa kelas VII-A dan VII-B SMPN 3 Natar yang diambil secara cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Natar Kabupaten Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Jigsaw, hasil belajar matematika siswa } }