@article{eprints13672, title = {EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODIFIED JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2011/2012) }, author = {Helen Dea Lestari 0743021024}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13672/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Modified Jigsaw dibandingkan de?ngan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Pembelajaran kooperatif tipe Modified Jigsaw merupakan modifikasi dari pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dalam pembelajaran kooperatife tipe Jigsaw materi yang dipelajari harus independen, sedangkan dalam matematika hampir semua materi yang akan dipelajari saling berkaitan. Sehingga dilakukan modifikasi pada pembelajaran kooperatife tipe Jigsaw. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Bandarlampung tahun pelajaran 2011/2012 dan sebagai sampel penelitian dipilih dua dari tujuh kelas secara acak. Berdasarkan analisis data menggunakan uji non-parametrik (uji Mann-Whitney U), diperoleh simpulan bahwa secara umum model pembelajaran kooperatif tipe Modified Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci : model pembelajaran koopertif tipe Modified Jigsaw, kemampuan representasi matematis. } }