@article{eprints13676, title = {EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODIFIED JIGSAW DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Berkemampuan Awal Rendah Kelas VII SMP Negeri 29 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) }, author = {Ifandoni 0743021026}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13676/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Modified Jigsaw bila dibandingkan de?ngan pembelajaran konvensional ditinjau dari aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa berkemampuan awal rendah kelas VII SMP Negeri 29 Bandarlampung semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-F dan VII-G yang diambil secara random. Berdasarkan hasil observasi dan analisis data diperoleh simpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Modified Jigsaw efektif diterapkan pada siswa kelas VII berkemampuan awal rendah bila ditinjau dari aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci : Modified Jigsaw, aktivitas belajar, kemampuan pemecahan masalah matematis } }