title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPN 13 Bandar Lampung Semester Genap T. P 2010/2011) creator: 0543024046, Tora Jelita Sari subject: description: Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap peningkatan penguasaan materi pada konsep Ekosistem oleh siswa SMP Negeri 13 Bandar Lampung, (2) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap peningkatan aktivitas belajar pada konsep Ekosistem oleh siswa SMP Negeri 13 Bandar Lampung?. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2010-2011 di SMPN 13 Bandar Lampung, dengan sampel siswa-siswi kelas VIID sebagai kelompok eksperimen dan siswa-siswi kelas VIIF sebagai kelompok kontrol. Sampel tersebut dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest non ekuivalen. Hasil penelitian berupa N- gain yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest pada setiap pertemuan. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata N-gain penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen sebesar 53,40% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 32,34%. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen aspek tertingginya adalah bertukar informasi sebesar 91,03% dan aspek terendahnya adalah bertanya sebesar 80,28%. Sedangkan pada kelas kontrol aspek tertingginya adalah presentasi sebesar 62,72% dan aspek terendahnya adalah bertukar informasi sebesar 50,89%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Picture and Picture meningkatkan penguasaan materi siswa pada konsep Ekosistem sehingga model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh terhadap penguasaan materi siswa pada materi pokok ekosistem pada Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Kata kunci : model Picture and Picture, Direct Instruction, penguasaan materi, ekosistem. date: 2011-11 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/1/i.%20COVER%20DEPAN%20TORA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/2/ii.%20iii.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/3/iv.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/4/v.%20LEMBAR%20MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/5/vi.%20PERNYATAAN%20SKRIPSI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/6/vii.%20%20LEMBAR%20MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/7/viii%2C%20ix.%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/8/x.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/9/xi.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/10/xii.%20MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/11/xiii%2C%20xiv.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/12/xv.%20DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/13/xvi.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/14/BAB%201%20hal%201-12.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/15/BAB%202%20hal%2013-31.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/16/BAB%203%20hal%2032-46.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/17/BAB%204%20hal%2047-60.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/18/BAB%205%20hal%2061-62.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13677/19/DAFTAR%20PUSTAKA%20hal%2063-66%20PRINT.pdf identifier: 0543024046, Tora Jelita Sari (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPN 13 Bandar Lampung Semester Genap T. P 2010/2011). Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/13677/