TY - JOUR ID - eprints13678 UR - http://digilib.unila.ac.id/13678/ A1 - 0743021027, Indah Wahyu Ariesta Y1 - 2012/10// N2 - ABSTRAK Pendekatan kontekstual adalah konsep belajar atau pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam mengaitkan antara materi pembelajaran atau materi yang di pelajari dengan kehidupan nyata siswa sehari-hari, baik dalam lingkungan, sekolah, masyarakat, maupun warga negara dengan tujuan untuk menemukan makna materi tersebut bagi kehidupannya dan menjadikannya dasar pengambilan keputusan atas pemecahan masalah yang akan dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengeta¬hui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yang ditinjau dari sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi da¬lam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Terbanggi Besar. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII E dan VII F yang diambil menggunakan cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t, dapat disimpulkan sikap siswa terhadap matematika dalam pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik dari sikap siswa terhadap matematika dengan pembelajaran konvensional, dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan kontekstual efektif diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Terbanggi Besar semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci: efektivitas, Pendekatan Kontekstual, sikap, Kemampuan pemecahan masalah matematis JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI SIKAP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Terbanggi Besar Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) AV - restricted ER -