@article{eprints13681, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012) }, author = {MONLILA BENI RIAN PUJAKESUMA 0743021036}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13681/}, abstract = {ABSTRAK Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. STAD membantu siswa secara aktif dalam me?mahami materi pelajaran. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk menge?ta?hui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi penilitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar, kecuali kelas VIIIB yang nerupakan kelas unggulan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas control yang dipilih mengunakan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar siswa di akhir penelitian. Berdasarkan analisis data secara deskriptif dan menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Natar tahun pelajaran 2011/2012 . Kata kunci: Hasil belajar, dan Pembelajaran kooperatif tipe STAD } }