%0 Journal Article %A 0743021036, MONLILA BENI RIAN PUJAKESUMA %D 2012 %F eprints:13681 %J Digital Library %T PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/13681/ %X ABSTRAK Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. STAD membantu siswa secara aktif dalam me¬mahami materi pelajaran. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk menge¬ta¬hui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi penilitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar, kecuali kelas VIIIB yang nerupakan kelas unggulan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas control yang dipilih mengunakan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar siswa di akhir penelitian. Berdasarkan analisis data secara deskriptif dan menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Natar tahun pelajaran 2011/2012 . Kata kunci: Hasil belajar, dan Pembelajaran kooperatif tipe STAD