title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011) creator: 0613024009, Novita Indriyani subject: description: Abstrak Keterampilan proses sains siswa pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung belum tercapai secara maksimal. Hal ini diduga karena pembelajaran masih terpusat pada guru (konvensional). Untuk mengatasi hal itu, telah dilakukan penelitian menggunakan model PBL (Problem Based Learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) Terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran materi pokok pertumbuhan dan perkembangan ; (2) Keterampilan proses sains siswa pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan pada penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dibanding siswa yang menggunakan model konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester Genap di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil dari populasi dengan cluster random sampling, siswa kelas VIIIE sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL), dan siswa kelas VIIIC sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model konvensional yaitu diskusi. Desain penelitian adalah pretes - postes kelompok non - ekuivalen. Data penelitian ini berupa data kuantitatif, yaitu nilai keterampilan proses sains melalui tes awal dan tes akhir sehingga diperoleh N-gain siswa. Nilai tes awal, tes akhir, dan N-gain tersebut kemudian dianalisis statistik menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian diperoleh rata-rata N-gain keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen (53,75) sedangkan kelas kontrol (35,90) hal ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model PBL berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung dalam pembelajaran materi pokok pertumbuhan dan perkembangan ; (2) Rata-rata keterampilan proses sains siswa yang pembelajaranya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibanding siswa yang menggunakan model konvensional. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), keterampilan proses sains, pertumbuhan dan perkembangan, model pembelajaran langsung, date: 2011-03-01 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/1/abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/2/cover.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/3/cv.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/4/daftar%20gambar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/5/daftar%20isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/6/daftar%20tabel.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/7/motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/8/pengesahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/9/persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/10/persetujuan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/11/sanwacana.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/12/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/13/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/14/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/15/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/16/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13682/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: 0613024009, Novita Indriyani (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011). Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/13682/