%0 Journal Article %A 0743021038, Mulya Sari %D 2012 %F eprints:13684 %J Digital Library %T PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/13684/ %X ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 20 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian adalah kelas VIII A dan VIII B yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 3 x 2. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar matematika siswa, dan data dianalisis dengan Analisis Variansi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kontekstual tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa. Kata kunci: pengaruh, pembelajaran kontekstual, kemampuan awal siswa, hasil belajar matematika