@article{eprints13686, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) }, author = {Ratnasari 0743021041}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13686/}, abstract = {ABSTRAK Two Stay Two Stray (TSTS) merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi kepada kelompok lain. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran? koo?peratif tipe TSTS ditinjau dari hasil belajar matematika siswa jika diban?dingkan de?ngan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji-t, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS efektif diterapkan pada pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: Efektivitas, hasil belajar matematika, Two Stay Two Stray. } }