%0 Journal Article %A 0743021043, Resia Mardika %D 2012 %F eprints:13687 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/13687/ %X ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pem¬belajaran kooperatif tipe TPS jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini akan difokuskan pada efektivitas pembelajaran matematika siswa ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2011/2012 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIB dan VIIIC yang diambil secara acak. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t, diperoleh simpulan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif di¬bandingkan dengan pembelajaran konvensional, ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci : model pembelajaran koopertif tipe TPS, aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.