%0 Journal Article %A 0743021050, Sri Rejeki %D 2012 %F eprints:13689 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas V SD Al-Azhar 1 Wayhalim Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/13689/ %X ABSTRAK Pendekatan Matematika Realistik (PMR) merupakan suatu pendekatan dalam pem¬¬¬belajaran yang menggunakan masalah riil sebagai titik awal pembelajaran untuk pengembang¬an ide dan konsep ma¬¬¬¬¬tematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk menge¬¬¬-ta¬hui efektivitas pembe¬lajaran dengan PMR yang ditinjau dari aktivitas dan pemahaman konsep matema¬tis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Al-Azhar 1 Wayhalim Bandar Lampung. Sampel di¬ambil secara purposive sampling dan di-per¬oleh kelas VC dan VD. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes pe-mahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Pendekatan Ma¬tematika Realistik lebih tinggi dari pada aktivitas belajar siswa yang mengi¬kuti pembelajaran konvensional dan (2) pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih baik dari pada pemahaman konsep ma-tematis siswa yang mengikuti pembelajaran konven¬sional. Dengan demikian PMR efektif ditinjau dari aktivitas dan pema¬haman konsep matematis siswa kelas V SD Al-Azhar 1 Wayhalim Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci : aktivitas belajar, pema¬haman konsep matematis, Pendekatan Mate¬ma¬¬¬-tika Realistik