creators_name: 0743021050, Sri Rejeki type: article datestamp: 2015-10-22 10:00:26 lastmod: 2015-10-22 10:00:26 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas V SD Al-Azhar 1 Wayhalim Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Pendekatan Matematika Realistik (PMR) merupakan suatu pendekatan dalam pem¬¬¬belajaran yang menggunakan masalah riil sebagai titik awal pembelajaran untuk pengembang¬an ide dan konsep ma¬¬¬¬¬tematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk menge¬¬¬-ta¬hui efektivitas pembe¬lajaran dengan PMR yang ditinjau dari aktivitas dan pemahaman konsep matema¬tis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Al-Azhar 1 Wayhalim Bandar Lampung. Sampel di¬ambil secara purposive sampling dan di-per¬oleh kelas VC dan VD. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes pe-mahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Pendekatan Ma¬tematika Realistik lebih tinggi dari pada aktivitas belajar siswa yang mengi¬kuti pembelajaran konvensional dan (2) pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih baik dari pada pemahaman konsep ma-tematis siswa yang mengikuti pembelajaran konven¬sional. Dengan demikian PMR efektif ditinjau dari aktivitas dan pema¬haman konsep matematis siswa kelas V SD Al-Azhar 1 Wayhalim Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci : aktivitas belajar, pema¬haman konsep matematis, Pendekatan Mate¬ma¬¬¬-tika Realistik date: 2012 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0743021050, Sri Rejeki (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas V SD Al-Azhar 1 Wayhalim Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/1/1.%20COVER.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/2/2.%20Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/3/3.%20Pernyataan%20tidak%20menjiplak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/4/4.%20Riwayat%20Hidup.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/5/5.%20%20Motto.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/6/6.%20%20Persembahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/7/7.%20Sanwacana.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/8/8.%20Daftar%20Isi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/9/9.DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/10/bab%201.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/11/bab%202.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/12/bab%203.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/13/bab%204.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/14/bab%205.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13689/15/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf