title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pagelaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) creator: 0743021053, Tanti Sri Wahyuni subject: description: ABSTRAK Model pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan model pembelajaran kooperatif yang mengandung unsur permainan akademik. Proses belajar dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga diharapkan siswa termotivasi untuk belajar dengan giat yang pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat konsentrasi, kecepatan menyerap materi pelajaran, dan kematangan pemahaman terhadap sejumlah materi pelajaran sehingga hasil belajar mencapai optimal. Penelitian ini adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap pemahaman konsep matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagelaran yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII.1 dan VII.3 yang diambil secara purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep. Penelitian menyimpulkan bahwa rata-rata skor pemahaman konsep matematika pada kelas eksperimen sama dengan rata-rata skor pemahaman konsep matematika kelas kontrol dengan taraf signifikansi 5%. Artinya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika. Kata kunci: TGT, pemahaman konsep matematika date: 2012 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/2/COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/3/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/4/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/5/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/6/pernyataan%20tidak%20menjiplak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/8/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/10/BAB%20I%20revisi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/11/BAB%20II%20revisi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/12/BAB%20III%20revisi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/14/IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13690/15/V.pdf identifier: 0743021053, Tanti Sri Wahyuni (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pagelaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/13690/