@article{eprints13691, title = {EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 29 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013) }, author = {Tri Fajriyanti Fauzia 0743021055}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13691/}, abstract = {ABSTRAK Student Team Achievement Division (STAD) merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 29 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan post-test only control design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes hasil belajar matematika siswa dengan uji hipotesis mengunakan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif jika diterapkan pada pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar mate?ma?tika pada siswa kelas VIII semester ganjil SMPN 29 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: efektivitas, STAD, hasil belajar. } }