@article{eprints13693, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Bandarlampung Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012) }, author = {Zelvina Charunisa 0743021060}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13693/}, abstract = {ABSTRAK Metode pembelajaran kooperatif Jigsaw merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama kelompok, dimana setiap siswa memperoleh kesem?patan belajar secara keseluruhan konsep sebelum siswa belajar spesialisasinya untuk menjadi ekspert. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efek?tivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II untuk meningkatkan kemam?puan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 23 Bandar?lampung. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design dengan populasi seluruh siswa kelas VII, sampel diambil 2 kelas dari 8 kelas yang ada secara acak dan diperoleh kelas VII-E dan VII-H sebagai sampel pe?nelitian. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 23 Bandarlampung. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II, Pemahaman Konsep. } }