@article{eprints13694, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada kelas VIII SMPN 8 Bandar Lampung Semester Genap Tahun 2011/2012) }, author = {DESI TRIHANDAYANI CHANDRA 0813021006}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13694/}, abstract = {ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan mata pelajaran mate?matika berbasis kompetensi. Pada umumnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP masih rendah. Penelitian ini menguji keefektifan peng-gunaan strategi TTW ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mate?matis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun 2011/2012. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster sampling. Berdasarkan analisis data diperoleh : a) persentase ketuntasan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada kelas eksperimen belum mencapai 50 \% atau tidak mencapai KKM, b) kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis diperoleh dari strategi pembelajaran lang?sung lebih baik dari kemampuan siswa yang diperoleh dari strategi TTW. Kata Kunci : Efektivitas, TTW, Pemecahan Masalah Matematis } }