%0 Journal Article %A 0813021006, DESI TRIHANDAYANI CHANDRA %D 2012 %F eprints:13694 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada kelas VIII SMPN 8 Bandar Lampung Semester Genap Tahun 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/13694/ %X ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan mata pelajaran mate¬matika berbasis kompetensi. Pada umumnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP masih rendah. Penelitian ini menguji keefektifan peng-gunaan strategi TTW ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mate¬matis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun 2011/2012. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster sampling. Berdasarkan analisis data diperoleh : a) persentase ketuntasan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada kelas eksperimen belum mencapai 50 % atau tidak mencapai KKM, b) kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis diperoleh dari strategi pembelajaran lang¬sung lebih baik dari kemampuan siswa yang diperoleh dari strategi TTW. Kata Kunci : Efektivitas, TTW, Pemecahan Masalah Matematis