TY - JOUR ID - eprints13694 UR - http://digilib.unila.ac.id/13694/ A1 - 0813021006, DESI TRIHANDAYANI CHANDRA Y1 - 2012/// N2 - ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan mata pelajaran mateŽmatika berbasis kompetensi. Pada umumnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP masih rendah. Penelitian ini menguji keefektifan peng-gunaan strategi TTW ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mateŽmatis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun 2011/2012. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster sampling. Berdasarkan analisis data diperoleh : a) persentase ketuntasan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada kelas eksperimen belum mencapai 50 % atau tidak mencapai KKM, b) kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis diperoleh dari strategi pembelajaran langŽsung lebih baik dari kemampuan siswa yang diperoleh dari strategi TTW. Kata Kunci : Efektivitas, TTW, Pemecahan Masalah Matematis JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada kelas VIII SMPN 8 Bandar Lampung Semester Genap Tahun 2011/2012) AV - restricted ER -