%0 Journal Article %A 0813021028, Farida %D 2012 %F eprints:13698 %J Digital Library %T PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Natar Lampung Selatan Semester Genap TP. 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/13698/ %X ABSTRAK SAVI merupakan jenis pendekatan pembelajaran yang melibatkan gerakan fisik dan aktivitas intelektual siswa dengan menggunakan semua indera yang di-milikinya sehingga membantu melatih pola pikir siswa dalam memecahkan masa-lah dengan kritis, logis, cepat, dan tepat. Pembelajaran yang masih menggunakan pendekatan konvensional pada mata pelajaran matematika mengakibatkan siswa kurang memahami konsep-konsep yang ada. Penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran dengan pendekatan SAVI terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar TP. 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini diambil mengguna-kan cluster random sampling. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa secara umum pembelajaran dengan pendekatan SAVI tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pemahaman konsep, SAVI.