@article{eprints13699, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 12 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2012/2013) }, author = {Shintia Mayasari 0813021051}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13699/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan penerapan model pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 dan sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII B dan VIII C yang dipilih dari sembilan rombongan belajar secara random purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest control design. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode TPS lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional, hal ini dapat dilihat dari rata-rata peningkatan nilai hasil belajar. Berdasarkan kesimpulan dan pembahasan bahwa secara umum model pem?belajaran kooperatif tipe TPS efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci : model pembelajaran koopertif tipe TPS, hasil belajar matematika. } }