%A Dwi Meilia Wati 0813052024 %J Digital Library %T UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah interaksi sosial rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?apakah interaksi sosial dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gedong Tataan tahun pelajaran 2011/2012?? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan interaksi sosial dengan menggunakan konseling kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gedong Tataan tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen kuasi dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 5 siswa kelas VII yang memiliki interaksi sosial rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji beda wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung = -2,032 < z tabel = ?1,645 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya interaksi sosial siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah interaksi sosial dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2011/2012. Dengan demikian, konseling kelompok dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan siswa yang berkaitan dengan interaksi sosial. Saran yang diberikan adalah (1) siswa yang memiliki interaksi sosial rendah hendaknya berusaha untuk meningkatkan interaksi sosialnya, sehingga dalam menjalankan kegiatan sehari-hari tidak mengalami suatu hambatan dalam membina hubungan dengan orang lain, (2) guru Bimbingan dan Konseling hendaknya melakukan kegiatan konseling kelompok dalam meningkan interaksi sosial siswa. (3) Kepada para peneliti hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama tetapi dengan subjek yang usianya berbeda. Kata kunci : Interaksi sosial, Konseling Kelompok %D 2012 %L eprints13701