TY - JOUR ID - eprints13704 UR - http://digilib.unila.ac.id/13704/ A1 - 0853021047, Savitri Stratavia Y1 - 2012/// N2 - ABSTRAK Pendekatan resource based learning (RBL) merupakan suatu pendekatan pembe-lajaran dengan keanekaragaman sumber-sumber informasi yang dapat dimanfaat-kan untuk membangun pemahaman, sehingga siswa dapat memiliki rasa ingin ta-hu, aktif, mandiri, dan kemampuan berpikir kritis dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RBL terhadap kemampuan ber-pikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi da¬lam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Bandar Lampung tahun pela-jaran 2011/2012. Sampel diambil dengan cara purposive sampling dari tujuh ke-las, dan diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini adalah posttest-only. Data penelitian berupa ke-mampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh melalui posttest. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kritis dengan pendekatan RBL lebih dari pendekatan non-RBL dengan taraf sig-nifikansi 5%. Dengan demikian, pendekatan RBL berpengaruh terhadap kemam-puan berpikir kritis siswa, selain itu pendekatan RBL meningkatkan aktifitas sis-wa didalam kelas. Kata kunci: pengaruh, resource based learning, kemampuan berpikir kritis JF - Digital Library TI - PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) AV - restricted ER -