%A Marheti 0913060001 %J Digital Library %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Studi Pada Siswa Kelas VIII.6 SMP Negeri I Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) %X ABSTRAK Pembelajaran matematika di kelas VIII.6 SMP Negeri I Bandar Lampung belum mencapai hasil belajar yang memuaskan. Pada umumnya aktivitas belajar siswa rendah disebabkan pembelajaran masih didominasi oleh guru. Oleh karena itu, guru harus dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat merangsang tumbuhnya aktivitas siswa dalam belajar. Penelitian ini mencoba mengatasi masalah di atas dengan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Diharapkan siswa dapat lebih cepat dan mudah memahami materi yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada sisiwa kelasVIII.6 SMP Negeri I Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2011/ 2012. Pembelajaran dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi aktivitas sisiwa dan tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelasVIII.6 SMP Negeri I Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2011/ 2012. Kata kunci: Pemahaman konsep matematis ,dan Pembelajaran Jigsaw. %D 2012 %L eprints13706