%A 1011011148 nabila hanum %T PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KLINIK KECANTIKAN ERHA BANDAR LAMPUNG %X Perawatan kecantikan pada saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang menginginkan kulit yang sehat, khususnya wanita yang menginginkan kecantikan dan kesempurnaan. berdasarkan hasil pengalaman dari konsumen itu sendiri, pelanggan yang mengalami kepuasan tinggi cenderung bertahan pada penyedia produk dan jasa. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Kepuasan Konsumen Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan Erha Skin Care Bandar Lampung. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada Klinik Kecantikan Erha Skin Care di Bandar Lampung. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada Klinik Kecantikan Erha Skin Care di Bandar Lampung. Penentuan sampel menggunakan non probability sampling, menggunakan rumus slovin diperoleh sebanyak 90 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh Hasil uji koefisien determinasi sebesar Adjusted R square sebesar 0,674 hal ini berarti sumbangan variabel kepuasan konsumen mempengaruhi variabel loyalitas konsumen sebesar 67,4%. Hal ini berarti kepuasan konsumen merupakan instrumen yang mempengaruhi loyalitas konsumen Erha Skin Care. Hasil uji hipotesis secara parsial menyatakan bahwa nilai T hitung pada variabel kepuasan konsumen (X) diperoleh nilai thitung sebesar 13,486 sedangkan nilai ttabel dengan dk (100-5-1=94) adalah 1,985 jadi thitung (13,486) ? ttabel (1,985), didapat pula nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,025, dengan demikian dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh kepuasan konsumen (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada Erha Skin Care. Kata kunci: Pelayanan Pesan antar, Kepuasan Pelanggan %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints13708