title: PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU, PEMANFAATAN SARANA BELAJAR DI RUMAH, DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI creator: NOVI SETIAWATI, 1013031050 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB Theory and practice of education description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya banyak siswa kelas XI IPS SMA N 1 Gedong Tataan yang memperoleh hasil belajar di bawah standar KKM yang ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh gaya mengajar guru, pemanfaatan sarana belajar, dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Ex Post Facto dan Survey dengan jenis penelitian deskriptif verivikatif. Subyek sebanyak 68 siswa, analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multiple ditentukan dengan simple random sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Ada pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar, diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,721>ttabel 2,00 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 17,3%. Dengan konstanta a 46,055dan koefisien b 0,416 sehingga persamaan regresinya menjadi Ῠ = 46,055 + 0,480 X1. Ada pengaruh pemanfaatan sarana belajar terhadap hasil belajar, diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,151>ttabel 2,00 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 20,7%. Dengan konstanta a 42,200 dan koefisien b 0,437sehingga persamaan regresinya menjadi Ῠ = 42,200+ 0,437 X2. Ada pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar, diperoleh thitung>ttabel yaitu 5,505>ttabel 2,00 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 31,5%. Dengan konstanta a 45,408 dan koefisien b 0,373 sehingga persamaan regresinya menjadi Ῠ = 45,408+ 0,373 X3. Ada pengaruh gaya mengajar guru, pemanfaatan sarana belajar, dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar, diperoleh Fhitung>Ftabel yaitu 18,700>ttabel 2,75 yang ditunjukkan oleh regresi linier multiple diperoleh (R) sebesar 68,3% dan koefisien determinasi (R2) 46,7% dengan konstanta a 20,712, koefisien b1 0,302, b2 0,244, b3 0,288 sehingga persamaan regresinya menjadi Ῠ = 20,712+ 0,302X1+ 0,244X2 + 0,288X3. Kata kunci :Gaya Mengajar Guru, Pemanfaatan Sarana Belajar, Kesiapan Belajar, dan Hasil Belajar publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-08-18 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/2/COVER%2BDALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/5/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/7/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/10/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/8/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/9/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/11/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/12/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/14/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/15/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/16/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/19/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/20/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13715/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: NOVI SETIAWATI, 1013031050 (2015) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU, PEMANFAATAN SARANA BELAJAR DI RUMAH, DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/13715/