title: PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 BAKAUHENI creator: MARIA REGINA MAHARANI, 1013043023 subject: LB Theory and practice of education subject: MT Musical instruction and study description: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pembelajaran tari halibambang pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Bakauheni. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari halibambang pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Bakauheni. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pembelajaran dan metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah proses pembelajaran dengan cara guru atau pengajar memperagakan sesuatu yang kemudian dicontoh dan ditiru oleh setiap siswa. Sumber data dalam penelitian adalah 10 siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes praktik. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, panduan dokumentasi, tes dan nontes. Pembelajaran tari halibambang pada kegiatan ekstrakurikuler dimulai dengan guru menyiapkan Rencana Kegiatan Harian, ruangan praktik, musik tari dan sound system lalu mengondisikan siswa seperti melakukan salam dan pemanasan agar tubuh tidak kaku. Aspek visual activity yaitu guru mendemonstrasikan ragam gerak sedangkan siswa memerhatikan. Setelah selesai mendemonstrasikan ragam gerak secara berulang, dilanjutkan dengan aspek mental activity yaitu guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memeragakan ragam gerak tersebut bersama dengan teman. Kemudian aspek motor activity siswa memperagakan ragam gerak yang telah diberikan di depan guru secara individu dan mengevaluasinya. Hasil tes praktik, menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menarikan tari halibambang tergolong dalam kriteria baik dengan rata rata nilai 76. Ditinjau dari aspek hafalan gerak memeroleh rata-rata nilai 92 tergolong dalam kriteria baik sekali dan ketepatan gerak dengan musik memeroleh nilai rata-rata 60 tergolong dalam kriteria cukup. Abstrak Bahasa Inggris publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-07-27 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/1/ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/3/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/4/COVER%20DEPAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/5/DAFTAR%20DIAGRAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/7/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/8/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/9/MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/10/MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/11/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/12/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/14/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/15/SURAT%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/22/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/16/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/17/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/23/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/25/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/26/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13716/21/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: MARIA REGINA MAHARANI, 1013043023 (2015) PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 BAKAUHENI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/13716/