TY - JOUR ID - eprints13719 UR - http://digilib.unila.ac.id/13719/ A1 - 0613024023, ERESI YULIYANI PUTRI Y1 - 2011/// N2 - Abstrak Dari hasil observasi di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung, diketahui bahwa nilai rata-rata penguasaan materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup masih rendah yaitu 32,15. Hasil itu masih rendah dari standar ketuntasan belajar minimal di sekolah itu yaitu ? 65,0. Sehubungan dengan itu dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap penguasaan materi Klasifikasi Makhluk Hidup oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII c SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Desain penelitian adalah one group pretest posttest design. Data penelitian yang diperoleh adalah nilai tes awal dan nilai tes akhir. Analisis data menggunakan uji?t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada perbedaan rata-rata nilai tes awal dan tes akhir, yaitu rata-rata tes awal 40,22 sedangkan tes akhir 72,27. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap penguasaan materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup; (2) penguasaan materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup oleh siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan sebelum dilakukan pembelajaran. Kata kunci : Mind Mapping, Penguasaan Materi, Klasifikasi Makhluk Hidup. JF - Digiltal Library TI - PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP OLEH SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Semester Ganjil TP 2009/2010) AV - restricted ER -