@misc{eprints1373, month = {September}, title = {PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS MENURUT PERSEPSI SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR PKn SISWA DI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2010/2011}, author = {Khusnul Amri }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2011}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1373/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh keterampilan guru mengelola kelas menurut persepsi siswa terhadap minat belajar PKn siswa di SMK Negeri 1 Bandar Lampung Tahun 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 orang. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara keterampilan guru mengelola kelas menurut persepsi siswa terhadap minat belajar PKn siswa di SMK Negeri 1 Bandar Lampung Tahun 2010/2011. Ini dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menggunakan rumus Chi Kuadrat, sehingga untuk keterampilan guru mengelola kelas menurut persepsi siswa terhadap minat belajar PKn siswa diperoleh koefisien kontingensi C = 0,65 dan koefisien kontingensi maksimum = 0,816. Berdasarkan perhitungan tersebut maka koefisien kontingensi C = 0,65, berada pada kategori Sangat Berpengaruh. Hal ini menunjukkan bahwa Keterampilan Guru Mengelola Kelas Menurut Persepsi Siswa Sangat Berpengaruh Terhadap Minat Belajar PKn Siswa di SMK Negeri 1 Bandar Lampung Tahun 2010/2011. Oleh sebab itu kepada guru diharapkan dapat meningkatkan dan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan pendidikan siswa. Bentuk-bentuk perhatian tersebut dapat berupa pemenuhan kebutuhan ilmu pengetahuan atau materi pembelajaran untuk belajar ataupun pemberian dorongan atau semangat kepada siswa. Disamping itu juga guru hendaknya lebih terbuka dan bersedia bekerja sama demi kemajuan siswa.} }