TY - JOUR ID - eprints13731 UR - http://digilib.unila.ac.id/13731/ A1 - 0543024035, Nyoman Marteyani Y1 - 2012/11// N2 - ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung diketahui bahwa pencapaian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi masih sangat kurang. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model yang sesuai untuk memfasilitasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Untuk mengatasi hal itu, telah dilakukan penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretest-posttest non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest dan posttest yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran. Aspek aktivitas belajar siswa dengan kriteria sangat baik yaitu berdiskusi menjawab pertanyaan dan mengevaluasi hasil diskusi, serta aktivitas dengan kriteria baik yaitu kemampuan bertanya dan memperhatikan penjelasan guru. Dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa antara nilai pretest dan posttest yang diukur dengan N-gain, yaitu nilai rata-rata pretest sebesar 39,00, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 75,62, Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi oleh siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay, aktivitas belajar, hasil belajar, ciri-ciri makhluk hidup. JF - Digital Library TI - PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -