%0 Generic %9 Other %A Aditya Eko Prasetyono, 1013033001 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:13738 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA SWADHIPA NATAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/13738/ %X Media sebagai salah satu komponen dari pengajaran yang sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Pengembangan media pembelajaran perlu dilakukan untuk mengatasi kurangnya media pembelajaran dan sebagai inovasi terhadap media pembelajaran yang sudah ada. Rata-rata guru di SMA Swadhipa Natar mengunakan media power point sebagai media penunjang pembelajaran. Melihat situasi aktifitas pembelajaran di SMA Swadhipa Natar dimana terlalu sering guru menggunakan media power point maka peneliti mengambil langkah untuk menggunakan media lain sebagai penelitian. Media yang peneliti gunakan adalah media pembelajaran komik karena bersifat sederhana, jelas, dan mudah dipahami. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media komik pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Swadhipa Natar Tahun Pelajaran 2013/2014?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap hasil belajar kognitif pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Swadhipa Natar Tahun Pelajaran 2013/2014. Dalam hal ini, peneliti menggunakan pre experimental dengan desain one-shot case study, yaitu hanya satu kelas yang diberi perlakuan (treatment) selanjutnya diobservasi hasilnya dimana teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui uji hipotesis dengan data thitung adalah sebesar 5,98 sedangkan ttabel 1,714, karena thitung > dari ttabel maka H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Dengan kata lain, ada pengaruh pada penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 pada Mata Pelajaran Sejarah. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh dari penggunaan media komik terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan taraf signifikansi dikategorikan kuat. Hal itu dibuktikan dengan tabel kriteria interpretasi koefisiensi korelasi yang diperoleh sebesar 0,612.