%0 Journal Article %A 0743024020, Eva Febriana %D 2012 %F eprints:13743 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LKS BERBASIS MASALAH TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Persada Bandar Lampung Semester Genap T.P. 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/13743/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKS berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Ekosistem.Desain penelitian ini adalah desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X2 (33 siswa) dan siswa kelas X5 (28 siswa) yang dipilih dengan teknik cluster random sampling.Data penelitian berupa data kuantitatif yaitukemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari nilai pretesdan postes yang didukung dengan data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diambil dengan menggunakan rubrik aktivitas belajar siswa. Datakemampuan berpikir kritis ini selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan indek aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang diukur menggunakan N-Gain dengan nilai rata-rata sebesar 44,76. Peningkatan indikator kemampuan berpikir kritis yang memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu pada indikator induksi dengan rata-rata nilai sebesar 68,68. Sedangkan indikator kemampuan berpikir kritis yang memiliki nilai rata-rata terendah yaitu indikator melakukan deduksi dengan nilai rata-rata sebesar 24,37. Selain data kuantitatif, pada penelitian ini dihasilkan data kualitatif yaitu berupa data aktivitas belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar siswa yang berkriteria tinggi terdapat pada aspek mengumpulkan informasi dan membuat kesimpulan. Sedangkan pada aspek berpendapat dan menjelaskan memiliki kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS berbasis masalah berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas belajar siswa SMA persada Bandar Lampung pada materi pokok ekosistem. Kata kunci : LKS berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar,ekosistem.