@article{eprints13753, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Gajah Mada Bandar Lampung T.P 2011/2012) }, author = {Meri Yustina 0743024037}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13753/}, abstract = {ABSTRAK Penguasaan konsep materi pokok Sistem Pencernaan Makanan pada siswa kelas XI IPA SMA Gajah Mada Bandar Lampung belum tercapai secara maksimal. Hal ini diduga karena guru belum pernah menggunakan media dan model yang sesuai. Untuk mengatasi hal itu, telah dilakukan penelitian menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap Aktivitas dan Penguasaan Konsep pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI2 sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas XI4 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Data kuantitatif berupa Penguasaan Konsep siswa yang diperoleh dari pretes, postes dan N-gain. Data pretest, postest dan N-gain siswa tersebut kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep materi pokok sistem pencernaan makanan pada siswa yang menggunakan Model pembelajaran Snowball Throwing; (2) penguasaan konsep materi pokok sistem pencernaan makanan pada siswa yang pembelajarannya menggunakan Model pembelajaran Snowball Throwing (N-gain 65,23) lebih tinggi daripada siswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing (N-gain 41,28); (3) aktivitas belajar siswa yang meliputi aktivitas mengemukakan pendapat, bertanya, bekerja sama,bertukar informasi, dan persentasi yang menggunakan Model pembelajaran Snowball Throwing dengan peningkatan (9,7\%) lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa Model pembelajaran Snowball Throwing, dengan peningkatan (5,7\%). Jadi, penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh terhadap penguasaan konsep materi pokok Sistem Pencernaan Makanan pada siswa kelas XI SMA Gajah Mada Bandar Lampung T.P 2011/2012. Kata kunci : Snowball Throwing, Penguasaan Konsep, Sistem Pencernaan Makanan. } }