%0 Journal Article %A 0613024032, Lia Herniza %D 2011 %F eprints:13755 %J Digital Library %T PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011) %U http://digilib.unila.ac.id/13755/ %X Abstrak Keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok Sistem Pernapasan Manusia di kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung belum tercapai. Hal ini diduga karena guru belum pernah menggunakan media dan model yang sesuai. Untuk mengatasi hal itu, telah dilakukan penelitian menggunakan media audio-visual melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio-visual melalui model pembelajaran NHT terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok Sistem Pernapasan Manusia. Desain penelitian adalah tes awal-tes akhir tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai tes awal dan tes akhir, kemudian dihitung selisisihnya dan diperoleh N gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio-visual melalui model pembelajaran NHT memiliki N-gain 64,77 lebih tinggi dibanding tanpa media audio-visual 48,22. Berati bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan media audio-visual melalui model pembelajaran NHT lebih tinggi daripada kelas yang pembelajarannya tanpa menggunakan media audio-visual melalui model NHT. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media audio-visual melalui model pembelajaran NHT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Sistem Pernapasan Manusia. Kata kunci : media audio-visual, model pembelajaran NHT, sistem pernapasan manusia, keterampilan berpikir kritis.