title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA SUB MATERI POKOK KERUSAKAN/ PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Arjuna Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012) creator: 0743024060, Yulisa Wulandari subject: description: ABSTRAK Kemampuan berpikir rasional dalam belajar harus dimiliki oleh siswa untuk memperoleh keberhasilan belajar siswa yang optimal. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas X SMA Arjuna diketahui bahwa kemampuan berpikir rasional oleh siswa masih kurang dikembangkan dan didominasi oleh guru. Satu alternatif yang dapat digunakan untuk membuat siswa aktif dalam berpikir rasional yaitu dengan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dan data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diambil dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata nilai pretes dan postes kemampuan berpikir rasional oleh siswa yang diukur dengan N-gain pada kelas eksperimen dengan rata-rata 64,48 lebih tinggi daripada rata-rata pada kelas kontrol yaitu 49,14. Indikator kemampuan berpikir rasional dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa melalui model PBL yakni indikator mengambil keputusan dan menggali informasi. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model PBL juga mengalami peningkatan dari pertemuan I dengan rata-rata 68,74 meningkat pada pertemuan II dengan rata-rata 76,66. Aspek mengemukakan ide/ gagasan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok merupakan aktivitas dengan kriteria baik yang dicapai siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL. Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), kemampuan berpikir rasional, aktivitas belajar, pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan. date: 2012 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/1/2.%20aBSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/2/3.COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/3/4.%20Menyetujui.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/4/5.%20MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/5/6.%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/6/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/7/8.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/8/10.MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/9/10.MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/10/COVER%20DEPAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/12/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/13/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/14/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/15/BAB%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/16/BAB%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/17/BAB%203.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/18/Bab%20IV%20PEMBAHASAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/19/bab%20V%20kesimpulan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13763/20/Daftar%20Pustaka.pdf identifier: 0743024060, Yulisa Wulandari (2012) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA SUB MATERI POKOK KERUSAKAN/ PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Arjuna Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/13763/