TY - JOUR ID - eprints13764 UR - http://digilib.unila.ac.id/13764/ A1 - 0813024017, Ardi Yusuf Y1 - 2012/// N2 - ABSTRAK Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat survive dalam kehidupan yang semakin kompetitif. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi kelas X SMA Assalam Tanjung Sari Lampung Selatan, diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kurang dikembangkan secara optimal. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dengan menggunakan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pokok Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X1 dan X3 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini berupa pretes- postes, lembar observasi aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa kemampuan berpikir kreatif, aktivitas belajar, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen (82.50) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (55.08). Peningkatan setiap indikator kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen dan kontrol yaitu fluency (eksperimen= 43,33; kontrol=27,68), flexibility (eksperimen=43,33; kontrol=26,19), originality (eksperimen=40,83; kontrol=20,54); elaboration (eksperimen=40,00; kontrol=28,33, dan evaluation (eksperimen=49,55; kontrol=10,27). Rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen (83.60%) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (69.64%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif mengenai penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dengan demikian, penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok Keanekaragaman Hayati berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : media kartu bergambar, pembelajaran kooperatif tipe NHT, berpikir kreatif, Keanekaragaman Hayati. JF - Digital Library TI - PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Assalam Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012) AV - restricted ER -