@article{eprints13791, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI VERTEBRATA DI SMA BINA MULYA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 }, author = {Ria Ristiani 0643024045}, year = {2011}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13791/}, abstract = {Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada sub materi Vertebrata. Desain penelitian adalah pretest-postest tak ekuivalen . Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X3 yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yaitu hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari pretes dan postes. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5\% dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang diperoleh dari angket kemenarikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa (N-gain 63,76) lebih tinggi dari pada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi (N-gain 52,53). Indikator C2 (pemahaman) merupakan indikator tertinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan rata-rata peningkatan 6,7\% lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi yaitu 3,9\%. Aspek bertukar informasi merupakan aktivitas tertinggi yang dilakukan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw . Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Hasil belajar kognitif siswa. } }