TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints13792 UR - http://digilib.unila.ac.id/13792/ A1 - MINARIA, 0853031032 Y1 - 2015/10/05/ N2 - Pendidikan merupakan standar kemajuan suatu bangsa, dengan standar pendidikan yang tinggi dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk memajukan bangsa dikancah dunia. Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya atau hasil belajar peserta didik. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain kemampuan, media belajar dan aktivitas belajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Apakah ada pengaruh kemampuan, media belajar dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Manajemen mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 FKIP Unila Bandar Lampung yang berjumlah 160 mahasiswa, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 mahasiswa yang dihitung denga menggunakan rumus slovin. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji regresi linier. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan Mahasiswa terhadap prestasi belajar Mahasiswa sebesar 0,378 pada taraf nyata 5 %. Diperoleh thitungkemampuan Mahasiswa sebesar 4,341> ttabel sebesar 1,98dan probabilitas (sig.) ternyata 0,000<0,05 hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. kemampuan Mahasiswa dalam memprediksi/menentukan besarnya variabel prestasi belajar Mahasiswa Mahasiswa sebesar 14,3 %. 2. Terdapat korelasi yang signifikan antara media pembelajaran Mahasiswa terhadap prestasi belajar Mahasiswa sebesar 0,074 pada taraf nyata 5%. Diperoleh thitungmedia pembelajaran Mahasiswa sebesar 7,713> ttabel sebesar 1,98dan probabilitas (sig.) ternyata 0,000<0,05 hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Kemampuan variabel media pembelajaran dalam memprediksi/menentukan besarnya variabel prestasi belajar Mahasiswa sebesar 34,5 %. 3. Adanya pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar terhadap prestasi belajar Mahasiswa sebesar 0,332 pada taraf nyata 5 %. Diperoleh thitung aktivitas belajar sebesar 3,740> ttabel sebesar 1,98dan probabilitas (sig.) ternyata 0,000<0,05 hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Kemampuan variabel aktivitas belajar dalam memprediksi/menentukan besarnya variabel prestasi belajar Mahasiswa sebesar 11 %. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH KEMAMPUAN, MEDIA BELAJAR, DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR MENEJEMEN MAHASISWA PROGRAM STUDY PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNILA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -