%0 Journal Article %A 0713051049, Selviyana %D 2012 %F eprints:13797 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR MERODA DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALISASI DAN PERAGAAN PADA SISWA KELAS VIII-C SMP NEGERI 1 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/13797/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran gerak dasar meroda pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatandengan memberikan tindakan berupa model pembelajaran visualisasi dan peragaan sehingga tercapai keberhasilan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C di SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang dipakai adalah penilaian kualitas gerak dasar meroda dengan rentang nilai 1-3.Teknik analisis data menggunakan persentasi ketuntasan belajar dan efektivitas pembelajaran setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, pada siklus I dengan penggunaan model pembelajaran visualisasi berupa gambar karton, OHP dan peragaan atlet dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar meroda dengan prosentase ketuntasan belajar 50,00 % dan tingkat efektivitas 40,43% berarti belum efektif; kedua,pada siklus II dengan penggunaan model pembelajaran visualisasi berupa video dan peragaan atlet dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar meroda prosentase ketuntasan belajar 79,41 %dan tingkat efektivitas 57,45% berarti efektif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat mengajukan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani yaitu materi meroda dapat digunakan model pembelajaran visualisasi berupa gambar karton, OHP, video dan pergaan atlet.