%0 Generic %9 Other %A Arief Ardyansyah, 1013021003 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:13816 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PEER LESSON DAN THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 2 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/13816/ %X Hal paling mendasar dalam pembelajaran matematika adalah komunikasi. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengomunikasikan gagasan, ide dan pemahamannya tentang konsep matematika yang dilihat melalui kemampuan siswa dalam menggambar (drawing), menulis (written text) dan ekspresi matematika (mathematicalexpression). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Peer Lesson dan Think Talk Write (TTW). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2 SMA Negeri 2 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2014/2015. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis dan observasi aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah baik model Think Talk Write (TTW) ataupun Peer Lesson, keduanya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci : Peer Lesson, Think Talk Write, kemampuan komunikasi matematis.