TY - GEN ID - eprints13827 UR - http://digilib.unila.ac.id/13827/ A1 - 1013108025, ROHAYATI Y1 - 2012/02// N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkankesadaran hidup sehat melalui pembelajaran usaha kesehatan sekolah (UKS) dengan model pendekatan PAIKEM pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Bagelen Kecamatan Gedungtataan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Bagelen Kecamatan Gedungtaan, Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 32 siswa, dengan perincian 18 laki-laki dan 14 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melaluiobservasi dengan menggunakan instrumen penilaian skala sikap dalam penerapan perilaku hidup sehat. Hasil penelitian menunjukkan: setiap siklus adanya peningkatan kesadaran hidup sehat di kalangan siswa kelas V melalui pembelajaran UKS dan bila dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada tes awaldiperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan kesadaran hidup sehat siswa sebesar 40,63 % ternyata. Pada akhir siklus pertama diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan dalam menerapkan kesadaran gidup sehat sebesar68,75 % ternyata dapat meningkat secara signifikan, dan pada siklus kedua diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan kesadaran hidup sehat sebesar 93,75 %. Berdasarkan nilai rerata untuk meningkatkan kesadaran hidup sehatsetiap siklus tentu sajatelah diberi perlakuan yang sesuai dengan pendekatan pembelajaran yang mengacu pada PAIKEM. Hasil peningkatan ? 50% itu artinya hasil pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM yang diterapkan dalam pembelajaran UKS menunjukan telah terjadi peningkatan. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa pembelajaran UKS pada siswa kelas V SD Negeri 4 Bagelen sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran hudup sehat para siswa. TI - PERANAN PEMBELAJARAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DALAM MENINGKATKAN KESADARANHIDUP SEHAT SISWA SDN 4 BAGELEN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN AV - restricted ER -