TY - JOUR ID - eprints13844 UR - http://digilib.unila.ac.id/13844/ A1 - 1013108042, SAMSURI Y1 - 2012/// N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki keterampilan gerak handstand roll melalui model pembelajaran kelompok (group teaching) pada siswa kelas VI SD Negeri 6 Adi Luwih Pringsewu Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 6 Kabupaten Pringsewu yang berjumlah 20 siswa, dengan perincian 7 laki-laki dan 13 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak handstand roll. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus pertama dengan diperoleh prosentase ketuntasan belajar 0,00%, belum adanya pencapaian skor atau nilai > 65 sehingga dengan demikian bisa dikatakan belum nampak peningkatan kemampuan gerak handstand roll. Pada siklus kedua diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 25%, dan pada siklus ketiga diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 90%. Berdasarkan nilai rerata untuk meningkatkan hasil pembelajaran harus diberi perlakuan yang sesuai dengan menggunakan metode yang telah ditetapkan. Hasil peningkatan ? 50% itu artinya hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran modifikasi yang digunakan menunjukan telah terjadi peningkatan. Dengan kondisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran handstand roll pada siswa kelas VI SD Negeri 6 Adi Luwih sangat efektif dengan menggunakan model pembelajaran kelompok (group teaching). JF - Digital Library TI - PENINGKATAN GERAK DASAR HAND STAND ROLL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK (GROUP TEACHING) PADA SISWA KELAS VI SDN 6 ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU AV - restricted ER -