%A Siswoto 1013118044 %J Digital Library %T PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR BOLA MELAMBUNG PADA NOMOR KASTI MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS IV SDN 2 BLITAREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2011/2012 %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar lempar bola melambung pada nomor kasti melalui modifikasi alat bantu pada siswa kelas IV SDN 2 Blitarejo Kec. Gadingrejo Prengsewu pelajaran 2011/2012, dengan penggunaan alat bantu modifikasi berupa bola plastik, bola berekor, bola sesungguhnya, dan bambu berukuran + 5 meter dan diberi angka 5 ? 9. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan menggunakan 3 siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa, dengan jumlah 15 laki-laki dan 10 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan instrumen penilaian tes gerak dasar lempar bola melambung dalam kasti. Hasil penelitian menunjukkan: pada temuan awal hanya mencapai ketuntasan 0 % hal ini berarti masih sangat rendahnya kemampuan gerak dasar siswa dalam melakukan gerak dasar lempar bola melambung. Pada siklus pertama dengan penggunaan alat bantu modifikasi bola plastik dan bambu berukuran + 5 meter dan diberi angka 5 ? 9 diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar meningkat menjadi 28 %, sedangkan prosentase ketuntasan belajar klasikal 85% itu berarti tindakan belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus kedua dengan penggunaan alat bantu modifikasi bola plastik dan bambu berukuran + 5 meter dan diberi angka 5 ? 9 diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 52 %, sedangkan prosentase ketuntasan belajar klasikal 85% itu berarti tindakan belum memenuhi ketuntasan belajar . Pada siklus ketiga dengan penggunaan alat bantu modifikasi bola sesungguhnya dan bambu berukuran + 5 meter dan diberi angka 5 ? 9 diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 92 % hal ini berarti proses pembelajaran telah mencapai ketuntasan klasikal. Dari hasil penelitian disimpulkan Pembelajaran gerak dasar lempar bola melambung dalam kasti dengan menggunakan alat bantu modifikasi dapat memperbaiki dan meningkatkan gerak dasar lempar bola melambung pada siswa-siswi kelas IV SDN 2 Blitarejo Kec, Gadingrejo Prengsewu. %D 2012 %L eprints13845