TY - JOUR ID - eprints13849 UR - http://digilib.unila.ac.id/13849/ A1 - 1013118048, SUBAI Y1 - 2011/// N2 - ABSTRAK Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, guru harus terampil dalam mengajar dan juga menguasai materi pembelajaran. Proses belajar mengajar diperlukan adanya kemampuan mengajar yang baik karena pembelajaran pendidikan jasmani sangat membutuhkan keterampilan gerak dalam pelaksanaan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kemampuan gerak dasar forehand overhead dengan model pendekatan taktis pada siswa kelas V SD N 1 Wonodadi Gadingrejo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan tiga siklus. Setiap siklus memiliki kegiatan yang berbeda, siklus pertama dengan passing ke dinding, siklus kedua dengan latihan ayunan forehand overhead, dan langkah kaki (footwork), siklus ketiga dengan latihan pukulan forehand overhead berpasangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Wonodadi Gadingrejo sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data diambil dari tes berupa pengamatan kemampuan gerak dasar forehand overhead yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan gerak lanjutan. Hasil Penelitian ini menunjukkan : adanya peningkatan melalui modifikasi pembelajaran pada masing-masing siklus. Siklus pertama menghasilkan peningkatan sebesar 25 %, siklus kedua sebesar 31,25, dan siklus ketiga 43,75. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran bulu tangkis dengan konsep pendekatan taktis dapat meningkatkan gerak dasar pukulan Forehand Overhead. JF - Digital Library TI - UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR PUKULAN FOREHAND OVERHEAD BULUTANGKIS DENGAN KONSEP PENDEKATAN TAKTIS PADA SISWA KELAS V SD N I WONODADI GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -